YouTube Creator Day 2015 | Grand Clarion Makassar

Yup, tidak terasa sudah hampir 5 bulan yang lalu saya sempat mengikuti sebuah event dari YouTube Creator Day. Dan dari situ pula banyak sekali pengetahuan yang sangat bermanfaat bisa saya dapatkan untuk lebih mengoptimalkan channel YouTube milik saya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai pengetahuan yang saya dapat tersebut yang beberapa materinya juga diambil dari bahan seminar yang sempat saya bawakan 2 bulan lalu, saat menjadi pembicara dari sebuah seminar oleh salah satu komunitas IT di kota Makassar. Antara lain:

  1. Memilih judul yang tepat

Mengisi Title

Judul disini menjadi perhatian yang sangat penting, karena pada saat orang mencari video dengan kata kunci tertentu dan hasilnya ditampilkan, yang pertama kali muncul & dilihat oleh pengunjung adalah judul.

2. Mengisi deskripsi video

Mengisi deskripsi

Salah satu yang sering dilupakan oleh YouTuber(sebuah sebutan para pembuat konten YouTube) adalah tidak mengisi deskripsi dari video mereka, padahal mesti kita ketahui deskripsi video juga berpengaruh lo agar video yang kamu buat ditampilkan dihasil pencarian Google. Selain itu banyak sekali manfaat dari deskripsi yang bisa kamu maksimalkan misalnya menambah link video terkait, link tautan ke website kamu, dll.

3. Menambah tags yang tepat

Menambah tags | gak ada contohnya :p

Ini juga kadang sering dilupakan oleh para YouTuber, padahal dengan mengisi tags akan lebih mengoptimalkan hasil pencarian dari video yang akan ditampilkan . Kalau beruntung mungkin video kamu bakal ditampilkan paling atas :v

4. Menambahkan translations

Menambah translations

Membuat translation akan sangat memudahkan pengunjung dalam mencari video kamu karena hasil pencarian yang ditampilkan baik itu berupa judul ataupun deskripsi akan diterjemahkan sesuai dengan setelan bahasa dari pengunjung tersebut dan tentunya ini akan membuat video kamu menjadi lebih dinamis.

5. Setting Thumbnail

Setting Thumbnail

Pastinya pada pandangan pertama orang akan lebih banyak yang penasaran untuk menonton seperti apa video kamu saat melihat thumbnail(gambar mini) entah gambarnya lucu, bagus, keren, atau apalah-apalah… yang pasti pengunjung akan lebih tertarik secara visual (ingatkan cinta itu awalnya dari mata turun kehati, hahaha… :v)

6. Membuat Annotations

Membuat Annotations | Contohnya di kiri atas video

Ini juga tidak kalah penting, menurut saya annotations adalah fitur yang sangat amat bermanfaat jika kalian ingin menambah jumlah views dari video kamu. Tinggal diisi kata-kata yang menarik agar orang mengkliknya dan link yang kamu isikan juga bisa berupa link ke video kamu yang lain, atau playlist mungkin?, ataukah link agar pengunjung menjadi subcriber kamu.

Berikut adalah contoh penggunaan annotations yang sangat keren yang dapat mengispirasi kamu 🙂

Coba deh klik annotaionsnya 😉

7. Membuat Cards

Membuat cards

Salah satu fitur yang tidak kalah penting adalah cards, mungkin fungsinya hampir sama dengan annotations, tapi ini lebih berguna untuk tampilan mobile karena annotation sendiri tidak berjalan di mobile. Sayangnya untuk membuat cards kita dibatasi hanya 5 item, tapi itu sudah lebih dari cukup.

8. Usahakan agar menambahkan subtitles

Mengisi subtitles | Hasil google translate, wkwkwkwk :v

Nah, ini dia fitur yang sangat keren dari YouTube, mengingat ini adalah situs berbagi video yang amat sangat besar dan memiliki miliaran pengunjung dari berbagai negara maka kamu tidak boleh lupa untuk menambah subtitles di video yang kamu buat agar orang dari negara manapun bisa mengerti video kamu. Apalagi jika kamu telah menjadi YouTube Partner (mitra YouTube, itu loh kalau kamu biasa nonton video terus ada iklannya) kamu akan lebih menguntung jika video yang sudah kamu monitise itu ditonton oleh orang dari luar negeri, karena mengingat Indonesia punya nilai klik iklan yang rendah akan sangat menguntungkan bukan jika yang mengklik adalah orang luar, dari US misalnya… :v

9. Mengatur Channel

Mengatur chanel

Ini juga yang kadang dilupakan oleh YouTuber, padahal dengan lebih menata sedemikian rupa channel kamu, maka itu akan sangat memanjakan pengunjung yang entah nantinya akan menjadi salah satu dari subscribers kamu setelah melihat disitu banyak video menarik atau mungkin bermanfaat bagi dirinya.

10. Sharing video kamu

Sharing Video

Karena sosial media adalah media promosi gratis yang sangat berguna, setelah semua hal diatas telah dilakukan kamu juga perlu membagikannya ke sosial media yang kamu miliki. Entah itu sharing di timeline sendiri atau group-group yang ada di google+, facebook, twitter, dll.

Nah itu tadi yang bisa saya share kali ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman dan tentunya semoga jumlah viewernya bisa bertambah setelah mengikuti tips & trik di atas. Dan jika ada point yang kurang, mungkin teman teman bisa sharing dengan menambahkannya di kolom komentar dibawah artikel ini 🙂

Sekian dari saya, jika berkenan silahkan subscribe channel saya di https://www.youtube.com/user/Zhawwier

Silahkan juga like & follow di sosial media saya berikut ini:

Facebook https://www.facebook.com/zhawwier/

Twitter https://twitter.com/zhawwier

Google+ https://plus.google.com/104821506784302296834

Terima kasih:)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *